Selasa, 16 Juli 2013

5 Orang Meninggal Tertimbun Longsor di Tegal



TEGAL, Berita HUKUM - Hujan deras telah menyebabkan tanah longsor dan menimbun 5 orang penggali tanah di Desa Karang Mulya RT 04/03 Kelurahan Bojong,KabupatenTegal Provinsi Jawa Tengah pada Selasa (4/6) sekitar pukul 15.45 WIB. Akibat longsor menyebabkan 5 orang meninggal dunia. Korban telah ditemukan dan berhasil di identifikasi yaitu:
1. Khotimah Binti. Tahyid (P) 50 thn


2. Sapuroh Binti Nawawi (P) 55 thn
3. Rumanah Binti Wasrap (P) 50 thn.
4. Tarmudi Bin Nurdi (L) 60 thn
5. Akhamid Bin Dukat (L) 45 thn

Korban adalah penambang tanah untuk bahan batako. Kejadian bermula saat mereka menggali di tebing setinggi 5 meter. dan penggalian kebawah tanah sedalam 2-3 meter. Tiba-tiba tanah di tebing yang berupa kebun longsor.

BPBD Tegal, TNI, relawan dan warga setempat telah berhasil melakukan evakuasi korban. Evakuasi dilakukan secara manual karena alat berat tidak memungkinkan di datangkan ke lokasi longsor. Terkait dengan halini masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dengan cuaca ekstrim yang mudah berubah, seperti yang dikutip dari tribunnews.com, pada Selasa (4/6).

Adanya anomaly pola angin yang berasal dari Samudera Hindia bergerak ke Timur Laut menusuk Jawadan Sumatera, lalu berbelok ke Timur menunjukkan pola yang mirip dengan musim penghujan. Pola angin itu mirip pola angin barat anataumonsunal Asia dari barat ke Timur. Umumnya halini berlangsung pada musim penghujan, sedangkan saat ini adalah musim pancar oba menuju musim kemarau. Kondisi demikian menyebabkan wilayah Indonesia masih berpotensi hujan denganintensitas tinggi yang dapat memicu banjir dan longsor. (beritahukum.com)